Menteri BUMN Akan Tentukan Dirut Bank Mandiri Pengganti Tiko Desember Nanti

  • Whatsapp
Menteri BUMN Erick Thohir dan Wamen BUMN yang juga mantan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo

INDOPOLITIKA.COM- Posisi Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pasca ditinggalkan Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko yang beberapa hari lalu diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN, kemungkinan akan diputus pada Desember mendatang. Hal itu seperti diungkapkan Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas.

Dijelaskan Rohan, berdasarkan anggaran dasar perusahaan mekanisme penentuan dirut ditentukan lewat rapat umum pemegang saham (RUPS). Namun  lantaran baru pada Maret lalu Mandiri sudah menggelar RUPS, maka penentuan dirut bisa jadi akan dilakukan melalui RUPS luar biasa alias RUPSLB.

Baca Juga:

Dan kewenangan penyelenggaraan RUPS ini berada di tangan pemerintah sebagai pemegang saham, termasuk dalam pemilihan calon dirut. Oleh karenanya penyelenggaran RUPS ini nanti akan diputuskan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

“Jadi Menteri BUMN nanti yang akan menyurati kapan pelaksanaannya. Aspirasi untuk melaksanakan RUPS harus datang dari pemilik atau pemegang saham. (Untuk penyelenggaran RUPSLB itu) kalau saya tidak salah dengar, beliau menyatakan Desember niatnya,” ujar Rohan di kantornya, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Jadi untuk saat ini pucuk pimpinan Bank Mandiri kini ditempati Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto. Kekosongan dirut tidak tidak diisi oleh pelaksana tugas (Plt), sebab dalam anggaran dasar Bank Mandiri menyebutkan jika tidak ada dirut  maka otomatis tugas itu diemban oleh wadirut.

Nah kemudian posisi dirut mesti diisi kembali oleh dirut definitif itu paling lama 90 hari setelah kosong atau paling lambat 24 Januari 2020.

“Anggaran dasar berbunyi (posisi) dirut itu tidak boleh kosong selama 90 hari. POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan) juga 90 hari,” tandasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *