Internasional

Menteri Ekonomi Iran Dimakzulkan Lewat Mosi Tidak Percaya

Menteri Ekonomi Iran Masoud Karbasian digulingkan pada 26 Agustus 2018. (Foto: AFP)

Teheran: Parlemen Iran memakzulkan Menteri Ekonomi Masoud Karbasian, Minggu 26 Agustus 2018. Ini merupakan pukulan telak bagi pemerintahan Presiden Hassan Rouhani yang sedang menghadapi krisis ekonomi.

Karbasian kalah dalam pemungutan suara mosi kepercayaan yang disiarkan langsung di radio nasional Iran. Ia kalah dengan perolehan 121 suara dukungan berbanding 137 dan dua abstain.

Seperti dikutip dari AFP, Karbasian adalah menteri kedua dari kabinet Rouhani yang dimakzulkan bulan ini. Sebelumnya, parlemen Iran telah memakzulkan Menteri Tenaga Kerja Ali Rabiei pada 8 Agustus.

Iran berjuang menghadapi inflasi dan tingkat pengangguran yang tinggi sejak beberapa tahun terakhir, meski sempat ada sedikit perkembangan positif usai perjanjian nuklir 2015.

Lewat perjanjian bernama Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) itu, sejumlah sanksi ekonomi terhadap Irak dicabut, dan negara itu pun kembali mendapat asupan dana dari para investor asing.

Sejumlah kritikus menilai Rouhani menyia-nyiakan kesempatan dari JCPOA, yang kini sudah tampak suram setelah Amerika Serikat memutuskan menarik diri dari perjanjian tersebut pada Mei lalu. 

Setelah menarik diri, Washington pun mulai menjatuhkan kembali sanksi kepada Teheran.

"Langkah tidak efisien dan kurangnya perencanaan (pemerintahan Rouhani) tidak ada hubungannya dengan sanksi," ucap seorang anggota parlemen konservatif, Abbas Payizadeh.

"Berbagai keputusan yang salah telah merugikan rakyat," tambah dia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close