Menteri Kesehatan: Rumah Sakit Beroperasi Normal Ketika Listrik Padam

  • Whatsapp
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek (ist)

Beberapa wilayah di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta dan daerah-daerah di Jawa Barat mengalami gangguan pasokan listrik pada Minggu 4 Agustus 2019. Akibatnya, beberapa fasilitas umum seperti commuter line, MRT, dan sejumlah provider terganggu.

Mentari Kesehatan RI Nila Farid Moeloek mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian mati listrik berjam-jam seperti pada Minggu 4 Agustus 2019, rumah sakit harus memiliki fasilitas yang lengkap dan tentunya dapat mengutamakan keselamatan pasien.

Berita Lainnya

“Rumah sakit harus mempunyai genset dan ini masuk akreditasi, karena ini termasuk fasilitas,” kata Nila Moeloek di acara Pertemuan Tahunan Ilmiah dan Semiloka Nasional Akreditasi (PITSELNAS) di JCC, Gatot Subroto, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Dia mengatakan, genset adalah fasilitas penting yang harus dimiliki oleh rumah sakit. “Kamu kan tahu kalau lagi melakukan operasi kan nggak mungkin mati lampu. Kedua, masalah penyimpanan obat-obatnya, harus dalam keadaan dingin,” kata dia.

Sejauh ini, sambung dia, kondisi rumah sakit di Jakarta masih aman karena mengandalkan genset. Namun, belum ada laporan apa pun untuk Puskesmas dan rumah sakit di beberapa wilayah di Jawa Barat.

“Kami lagi mau melihat bagaimana Puskesmas, tapi Insya Allah tidak ada apa-apa. Nanti kita lihat,” ucapnya

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *