Internasional

Menteri Keuangan Malaysia Dibebaskan dari Tuduhan Korupsi

Menteri Keuangan Malaysia Lim Guang Eng, (Foto: Straits Times).

Georgetown: Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng dibebaskan dari tuduhan korupsi usai Jaksa Agung menarik kasus tersebut darinya. Lim sebelumnya diduga menggunakan jabatannya sebelumnya untuk mengisi kantongnya.

Lim mengaku tidak bersalah atas tuduhan yang diajukan kepada dirinya yang kala itu masih sebagai oposisi di Pakatan Harapan. Dia dianggap menyetujui konversi tanah dan membeli bungalow di bawah harga pasar saat masih menjadi Menteri wilayah Penang.

"Saya benar-benar bersyukur keadilan telah menang dan pada akhirnya kami menerima pembebasan kami," katanya, dilansir dari Straits Times, Senin 3 September 2018.

Dia mengucapkan terima kasih kepada keluarga, pengacara, kawan dan pendukungnya yang menempatkan kepercayaan penuh kepada dirinya. Pembebasannya dari tuduhan korupsi datang usai pengacara Lim berpendapat tudingan terhadapnya bermotif politik.

Sang pengacara kemudian mengajukan representasi ke AG untuk kasus-kasus terhadap Pakatan Harapan. Selain Lim, pengusaha Phang Li Koon, yang merupakan penjual bungalow milik Lim juga dibebaskan dari tuduhan korupsi terhadapnya. 

Lim dituduh menggunakan posisinya sebagai Menteri wilayah Penang untuk mendapatkan kepuasan buat dirinya dan sang istri Betty Chew Gek Cheng dengan menyetujui aplikasi konversi lahan pertanian ke zona perumahan umum di Balik Pulau kepada sebuah perusahaan Magnificent Emblem Sdn Bhd pada Juli 2014. Phang sendiri dilaporkan sebagai direktur Magnificent Emblem pada saat itu.

Selain mengenai masalah itu, dia juga dituduh membeli sebidang tanah dan bungalow Jalan Pinhorn No.25, Penang pada Juli 2015 seharga 2,8 juta ringgit Malaysia. Jumlah ini disebut-sebut berada di bawah nilai pasar yang kala itu sebesar 4,3 juta ringgit Malaysia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close