Menteri Kominfo: ASN Boleh Kritik Pemerintah, Asal Jelas dan Bukan Fitnah

  • Whatsapp
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menegaskan tidak membatasi ASN dalam mengkritik kinerja pemerintahan. Asalkan harus didukung dengan fakta dan data agar bisa ditindaklanjuti.

“Mengkritik boleh kok, semuanya mengkritik. Kalau ASN mengkritik pekerjaannya sendiri, yang tak boleh yang tidak dengan dasar, yang fitnah, bacalah secara lengkap, jangan sepotong-potong, nanti bias di masyarakat ini. Yang menyebar fitnah atau hoaks itu yang harus ditangani agar menggunakannya dengan benar dan baik,” tutur Johnny di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Muat Lebih

Johnny mengaku, kominfo sangat mendukung adanya Portal aduan ASN atau aduanasn.id dan pihaknya bersedia menjadi fasilitator yang menyediakan sarana dan infrastruktur. “Berkaitan dengan launching ini Kominfo berfungsi sebagai fasilitator yang menyediakan sarana dan infrastrukur. Dan tentu diharapkan digitalisasi ini digunakan dengan konten-konten yang bermanfaat,” kata Johnny.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, portal aduan ASN ini merupakan tempat aduan yang harus didukung dengan fakta-fakta oleh pelapor. “Ini semua disediakan untuk satu kepentingan yakni kenyamanan keluarga ASN. Nah, untuk itu bisa saja ada yang barangkali melihat Indonesia dari kacamata yang lain. Perlu diingatkan agar kembali ke ideologi dan konstitusi negara ini adalah satu kesepakatan final kita sebagai bangsa,” tandasnya.

Seperti diketahui, 11 kementerian dan lembaga meluncurkan platform dengan nama aduanasn.id. Portal aduan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengadukan ASN yang menyimpang. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh 11 kementerian dan lembaga negara, yaitu KemenPAN-RB, Kemenko Polhukam, Kemendagri, Kemenag, Kemenkominfo, Kemendikbud, Kemenkum HAM, BIN, BNPT, BPIP, BKN. Penandatanganan ini langsung disaksikan oleh KPK dan KASN.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *