Menteri Niat Nyapres Didesak Mundur, Golkar Pastikan Airlangga Akan Fokus Kerja Pemulihan Ekonomi Nasional

0INDOPOLITIKA.COM –  Muncul desakan agar menteri yang punya niat maju menjadi capres atau cawapres di Pilpres 2024 untuk mundur. Dua diantaranya desakan itu datang dari PKB dan Demokrat.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily memastikan Ketum Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto akan fokus bekerja dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Tak perlu khawatir. Pak Airlangga akan bekerja dengan fokus dalam pemulihan ekonomi nasional. Tugas-tugas menjalankan tahapan pemilu dapat kami jalankan melalui mekanisme internal partai yang telah diatur dalam sistem kepartaian,” kata Ace kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyebut Airlangga sebagai Menko Perekonomian tak pernah melepaskan tanggung jawab, terutama dalam memulihkan ekonomi nasional. Dia mengungkit pertumbuhan ekonomi nasional positif di angka 5,01% saat ini.

“Selama ini Pak Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian tidak pernah melepaskan tanggung jawabnya dalam menjalankan tugasnya dalam memulihkan ekonomi nasional. Bahkan saat ini, melalui koordinasi yang dilakukan ekonomi Indonesia tumbuh 5,01%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di atas rata-rata ekonomi global,” ujarnya.

Ace menilai Airlangga sudah memahami soal tugas-tugas kenegaraan. Meski begitu, lanjutnya, Airlangga juga sangat mengetahui soal tugas-tugas kepartaian untuk menaikkan elektabilitas dan capres.

“Pak Airlangga sangat mengetahui bagaimana beliau menjalankan tugas-tugas kenegaraan dan tugas-tugas kepartaian dalam upaya menaikkan elektabilitas partai dan capres,” tuturnya.

Dia mengatakan tugas-tugas kepartaian terus dilakukan dalam mekanisme internal partainya. “Tugas menjalankan kepartaian telah dilakukan dan akan terus dilakukan dalam mekanisme internal partai Golkar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Daniel Johan merespons peringatan Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) agar para menteri tak memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi. Daniel Johan menyarankan menteri yang punya niat bermanuver terkait Pemilu 2024 segera mundur.

“Semua menteri harus bercermin. Ini isyarat kuat dari Istana,” kata Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Anggota DPR dapil Kalimantan Barat I itu mengingatkan jangan sampai para menteri justru menjadi beban Presiden Jokowi.

“Arahan Presiden sudah jelas. Sehingga, jika ada yang ingin manuver, lebih baik segera sampaikan kepada Presiden dan mengundurkan diri agar tidak menjadi beban kinerja Presiden,” kata Daniel.

Senada dengan Daniel Johan, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani juga menyarankan menteri yang hendak maju di Pilpres 2024 untuk mundur agar bisa terhindar dari penyalahgunaan kekuasaan.

“Jika memilih mundur, itu lebih baik untuk menghindarkan pada penyalahgunaan kekuasaan,” kata Kamhar kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *