Menteri Perhubungan:  MRT di Jakarta akan Dibangun Sepanjang 200 Kilometer

  • Whatsapp
MRT Jakarta

INDOPOLITIKA.COM – Jalur moda raya terpadu alias MRT di Jakarta akan terus dibangun dan akan ada sepanjang 200 kilometer. Fase 1 Lebak Bulus – Bundaran HI sudah beroperasi. Sedangkan fase 2 akan dimulai dari Bundaran HI hingga stasiun Kota.

Saat ini, MRT Jakarta baru memasuki fase 1 yakni rute LebakBulus, Jakarta Selatan ke Bundaran HI Jakarta Pusat sepanjang 15,7 kilometer.

Baca Juga:

“Nanti, MRT akan sepanjang 200 kilometer ada dari lintas selatan –utara dan barat –timur,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya sumada saat jumpa pers di rumah makan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Stuktur dari MRT fase 1 rute Lebak Bulus – Bundaran HI terdiri dari 7 stasiun layang yang membentang sekitar 10 km dari kawasan Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja. Stasiun layang itu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja.

Menhub Budi Karya Sumadi saat jumpa pers di restoran Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019)

Sedangkan stasiun dengan struktur bawah tanah (underground) ada sebanyak 6 statiun. Jalur ini membentang sepanjang 6 kilometer. Mulai dari Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setia Budi, Dukuh Atas, hingga Bundaran HI.

Sementara itu, jalur MRT fase 2 akan dibangun di bawah tanah dari Bundarah HI, kemudian stasiun Sarinah, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Kawasan Glodok hingga Stisiun Kota.

Menhub mengatakan, pihaknya akan membangun kereta layang ringan(LRT) di enam kota di Indonesia. Hal ini sebagai upaya meningkatkan angkutan umum berbasis rel di Indonesia. Mengatasi kemacetan dan mengalihkan budaya naik kereta yang lebih aman dan nyaman. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *