Menteri Pramono Tak Mengerti Konsep HAM

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengkritik pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang membela pidato kenegaraan Presiden Jokowi. Menurut YLBHI, Pramono tidak paham soal Hak Asasi Manusia (HAM).

“Dia tidak mengerti konsep HAM, tapi ngomong HAM,” kata Ketua kampanye dan Jaringan YLBHI, Arif Yoga di kantornya, di Jakarta.

Baca Juga:

Sebelumnya, Pramono menyebut pidato kenegaraan Jokowi di depan parlemen pada Jumat (16/08/2019) memang bukan tentang HAM. Ia menyampaikan hal itu untuk menjawab kritikan pegiat HAM yang memprotes lantaran Jokowi tak banyak menyinggung soal HAM.

Pramono berujar persoalan HAM bukan prioritas utama program Jokowi di periode kedua sebagai presiden. “Karena semua negara memiliki persoalan HAM. Tapi tidak menjadi hal yang terutama pada saat ini,” kata Pramono di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, (17/08/2019).

Yoga menduga pernyataan Pramono itu muncul karena tidak paham mengenai konsep HAM. Dia menduga Pramono hanya berpikir bahwa persoalan hak asasi hanya mencakup pelanggaran HAM berat. Padahal, kata dia, persoalan HAM sebenarnya sangat berkaitan dengan program utama Jokowi yang pada periode kedua nanti menitikberatkan pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur. Ia mencontohkan ketika infrastruktur dibangun, maka dampaknya akan mencemari lingkungan dan terjadi penggusuran.

Mendapatkan lingkungan yang bersih dan mendapatkan ganti rugi yang layak, kata dia, juga merupakan hak yang wajib dipenuhi negara kepada masyarakat. “HAM itu bukan satu sektor tersendiri. HAM justru adalah norma yang melatarbelakangi setiap kebijakan pemerintah,” kata dia.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *