Menteri Yasonna Pecat Dirjen Imigrasi Ronny Sompie

  • Whatsapp
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie

INDOPOLITIKA.COM – Ronny Sompie dicopot dari posisi Direktur Jenderal Imigrasi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Hal ini dilakukannya agar tidak ada konflik kepentingan.

“Difungsionalkan,” kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan kepada wartawan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Berita Lainnya

Posisi Ronny Sompie sementara akan digantikan oleh Irjen Kemenkum HAM. Penunjukan Pelaksana Harian (Plh) itu dilakukan siang tadi.

“Irjen. Ya per hari ini. Tadi pagi. Hari ini. Siang. Tadi siang sesudah jam 12,” ujarnya.

Selain Sompie, Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian juga difungsionalkan.

“Dan Sistiknya Keimigrasian juga. Karena sangat menentukan itu mengapa sistem tidak berjalan dengan baik. Mereka bertanggung jawab soal itu,” tambah Yasonna.

Ronny yang menjabat sejak Agustus 2015 belakangan menjadi sorotan dalam kasus yang menyeret Calon Anggota Legislatif PDIP, Harun Masiku dalam perkara suap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Pihak imigrasi sempat menyebut Harun berada di Singapura saat KPK menggelar rangkaian operasi tangkap tangan yang menyeret Wahyu Setiawan.

Namun faktanya, Harun sudah pulang ke Indonesia ketika KPK menggelar OTT tersebut pada 8 Januari 2020. Istri Harun pun membenarkan bahwa sang suami sudah pulang.

Belakangan, Imigrasi pun mengakui Harun sudah pulang. Mereka beralasan ada kesalahan sistem sehingga terlambat mengetahui kepulangan Harun.  [rif]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *