Menurut Survei Terbaru, Mayoritas Warga Bekasi Serius Ingin Gabung Jakarta

  • Whatsapp
Kota Bekasi

INDOPOLITIKA.COM – Media Survei Nasional Median merilis survei terbaru dengan tema ‘Persepsi Penduduk Kota Bekasi dan DKI Jakarta atas Rencana Penggabungan Kota Bekasi dan DKI Jakarta.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, menjelaskan 60,6 persen warga Kota Bekasi setuju apabila Bekasi bergabung dengan DKI Jakarta.

Baca Juga:

“Hanya sebesar 11,4 persen warga saja yang tidak setuju. Sedangkan 26,0 persen warga menjawab tidak tahu,” terang Rico dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Setidaknya ada 5 alasan mengapa warga Kota Bekasi ingin bergabung dengan Jakarta. Persentase terbesar 14,4 persen karena menganggap Kota Bekasi lebih dekat dengan DKI Jakarta secara geografis, sementara Bandung lebih jauh.

Lebih lanjut, 7,8 persen warga menganggap Kota Bekasi akan lebih maju dan berkembang apabila bergabung dengan Jakarta, 7,8 lain setuju dengan usulan Pemkot Bekasi untuk bergabung dengan Jakarta.

“5,8 persen menanggap lebih strategis dengan DKI Jakarta; dan 5,8 persen ingin mengatasi pengangguran,” ucap Rico.

Alasan lain memiliki persentase lebih kecil dibandingkan 5 alasan di atas. Survei ini terlaksana mulai 21 September 2019 sampai 5 Oktober 2019. Ada total 1.000 responden yang terdiri atas 500 warga Kota Bekasi dan 500 warga DKI Jakarta.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error kurang-lebih -4,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *