Meski Tuai Kritik, Menteri Fachrul Tegaskan PMA Tidak Akan Dicabut

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan tidak akan mencabut Peraturan Menteri Agama (Permenag) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Meskipun dalam perjalanannya PP tersebut menuai banyak kritikan.

“Saya tak akan mencabut. PMA (tentang majelis taklim) itu sudah bagus,” kata Fachrul kepada wartawan, usai berceramah di hadapan peserta Silaknas dan Milad ke-29 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu (7/12/2019).

Baca Juga:

Dia mengatakan kritik adalah membangun. Artinya dengan adanya kritik itu adalah masukan agar aturan ini bisa diterapkan lebih baik lagi.

“Saya senang (ada kritik). Tapi itu niat kita baik. Sudah bagus itu kok,” kata dia.

Sebelumnya, Majelis taklim harus terdaftar di Kementerian Agama. Hal itu sesuai dengan Permenag Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Adapun isi dari peraturan tersebut adalah Kewajiban majelis taklim terdaftar di Kemenag tertuang dalam Pasal 6 ayat (1) PMA 29/2019 tentang Majelis Taklim. Ketentuan ini berbunyi:

Majelis Taklim sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 harus terdaftar pada kantor Kementerian Agama

Peraturan tersebut pun dikritik oleh politisi Partai gerindra Fadlizon. Waketum Gerindra Fadli Zon yang menilai peraturan itu terbit karena ada ketakutan terhadap Islam (Islamofobia).

“Saya kira peraturan itu, terpapar Islamofobia. jadi ini saya tidak tahu apa yang terjadi dengan elite ya, terutama di Kementerian Agama dan di beberapa tempat lain. Jadi cara mereka mengambil keputusan ini terpapar Islamofobia,” kata Fadli Zon.[pit]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar