Mie Instan Jadi ‘Lem’ Indonesia dengan Fiji

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kelezatan mie instan buatan Indonesia sudah diakui oleh berbagai negara di dunia, termasuk di Fiji. Masyarakat negara kepulauan yang terletak di sebelah selatan Samudera Pasifik itu gemar mengonsumsi mie instan Indonesia.

Menteri Luar Negeri Fiji, Inia Batikoto Seruiratu mengatakan, popularitas mie instan Indonesia semakin meningkat sebagai salah satu makanan favorit. Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral Menlu Fiji dengan Menlu RI di sela penyelenggaraan Bali Democracy Forum ke-12.

BACA JUGA:

“Ini menunjukkan hubungan yang baik di bidang ekonomi. Beliau menyebut produk mie instan Indonesia sangat populer di Fiji, bahkan untuk orang yang hidup di daratan tinggi itu menjadi sangat tenar,” kata Retno dalam pernyataan resminya, Kamis, (5/11/20190).

Retno lalu menceritakan bahwa mie instan itu yang selalu dimakan pada saat-saat tertentu seperti saat hujan, saat bad mood atau dalam situasi lainnya. Menlu Fiji juga menyampaikan harapannya agar Indonesia memberikan pelatihan terkait pengolahan suatu produk.

“Beliau contohkan misalnya mengenai cassava dan sweet potato, karena beliau lihat di sini, misalnya di Yogyakarta, banyak sekali cemilan tradisional yang berasal dari cassava dan sweet potato, jadi mereka mau belajar dari Indonesia dan saya sampaikan kita siap bekerja sama di bidang yang beliau minta,” ujar Retno.

Di samping itu, kedua pihak mendiskusikan persiapan awal pembentukan Indonesia-Fiji Preferential Trade Agreement (IF-PTA). Diharapkan perjanjian ini akan memperluas peluang kerja sama ekonomi kedua negara di bidang kerja sama investasi, infrastruktur dan konektivitas. Diharapkan agar tahap awal negosiasi IF-PTA dapat dilaksanakan pada triwulan pertama 2020.[rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *