Bikin Malu, Masa Mobil Dinas Presiden Jokowi Suka Mogok Di Jalan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Ini cerita dukanya Presiden Jokowi menunggangi kendaraan dinasnya Mercedes Benz S-600 Pullman Guard berkelir hitam. Kendaraan dinas kepresidenan ini jumlahnya ada delapan unit. Seluruhnya merupakan hasil pengadaan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tepatnya tahun 2007. Praktis usia mobil RI-1 itu kini sudah lebih dari satu dasa warsa alias 10 tahun.

Kini Kementerian Sekretariat Negara sudah memilih Mercedes Benz S 600 Guard untuk pengadaan mobil dinas kepresidenan yang baru. Pabrikan asal Jerman itu akan menyiapkan dua unit untuk kendaraan dinas baru Presiden Jokowi. Mobil dinas Jokowi yang lama memang belakangan banyak masalah. Misalnya, mesin yang tiba-tiba mati hingga sound system yang menyala sendiri.

Baca Juga:

Permasalahan ini kerap muncul saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah. Salah satunya saat Jokowi berkunjung ke Kalimantan Barat pada Maret 2017. Saat itu, Jokowi dan rombongan baru saja meresmikan delapan mobile power plant (MPP) di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawa. Saat menuju Kabupaten Kubu Raya untuk makan siang, tiba-tiba mobil  itu mogok di tengah jalan.

“Iya, mogok setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit,” kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang ikut dalam rombongan Jokowi, kala itu. seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurut Bey, mobil Mercedes Benz S-600 itu mogok karena bermasalah pada gasnya. Masalah tersebut membuat kendaraan tidak bisa berjalan dalam keadaan normal. Akhirnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dipindahkan ke mobil Toyota Alphard untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga pernah mengalami hal yang serupa. Saat itu, kata Heru, ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Bali, beberapa waktu lalu. Di tengah jalan, kendaraan itu mengalami gangguan tiba-tiba. “Ada sesuatu yang tidak normal dan terpaksa saya bersama Paspampres berada di lokasi berusaha mencari (mobil) pengganti. Dan penggantinya dari sisi persyaratan keamanan presiden tidak memenuhi syarat,” kata dia.

Kerusakan itu tentu akan sangat merepotkan ketika terjadi pada saat Presiden Jokowi blusukan di luar Jakarta. Heru menilai wajar kiranya mobil dinas Presiden saat ini diganti dengan yang baru, mengingat kendaraan dinas yang saat ini digunakan usianya sudah lebih dari sepuluh tahun.

“Kalau sudah sepuluh tahun mungkin kalau diperbaiki sulit. Kan berkali-kali power window-nya enggak jalan, elektriknya enggak jalan. Pernah semua sound system di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi, kan enggak nyaman. Kira-kira begitu,” kata Heru di Kantor Kemendagri, Jakarta.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *