MK Tolak Gugatan RCTI Soal Layanan Streaming

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Dalam sidang pleno terbuka Kamis (14/1/2021), sembilan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan RCTI yang dilayangkan terhadap berbagai layanan streaming di media sosial.

Gugatan RCTI bersama iNews TV terhadap Pasal 1 ayat 2 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, yang keberatan terhadap layanan streaming di media sosial.

Berita Lainnya

“Amar putusan mengadili, menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua Hakim Anwar Usman dalam membacakan putusan, Kamis (14/1/2021).

Menurut pertimbangan, majelis hakim menilai gugatan para pemohon tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya. Gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 39/PUU-XVIII/ UU Penyiaran per 6 Juli lalu.

Dalam gugatannya, mereka menilai UU tersebut ambigu dan menyebabkan ketidakpastian hukum. Pemohon meminta agar penyedia layanan siaran melalui internet turut diatur dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Gugatan itu pun mendapat penolakan di publik dan media sosial. Akhir Agustus lalu, sebanyak 2.659 orang sudah meneken petisi menolak gugatan RCTI dan INews tersebut. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *