Monumen Bung Karno Berdiri di Ibukota Aljazair, Ridwan Kamil: Kehormatan Indonesia di Mata Dunia

  • Whatsapp
Monumen Bung Karno di Ibukota Algiers, Aljazair sudah berdiri. (foto: instagram Ridwan Kamil)

INDOPOLITIKA.COM- Monumen sang proklamator Bung Karno akhirnya resmi tegak berdiri di Ibukota Algiers, di Aljazair. Sebuah negara di Pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Monumen itu dibangun di sebuah bundaran di perempatan jalan utama kota tersebut.

Ternyata monumen itu hasil desain kerja bareng Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama senima bernama Dolorosa Sinaga. Monumen itu dibuat atas permintaan pribadi Gubernur Algier, sebagai penghormatan dan pengakuan terhadap Bung Karno.

Berita Lainnya

“Alhamdulillah, Monumen Bung Karno di Ibukota Algiers di Aljazair sudah tegak berdiri di sebuah bundaran di perempatan jalan utama, tulis Kang Emil dalam instagram pribadinya, Rabu (6/5/2020).

Kang Emil mengungkapkan, monumen ini merupakan permintaan pribadi Gubernur Algiers. “Karenanya kehormatan ini kami respon dengan mendesain bersama seniman Ibu Dolorosa Sinaga,” ucap Ridwan Kamil.

RK dan Dolorosa Sinaga

Menurutnya, Bung Karno sangat dihormati di Aljazair karena inspirasi Bung Karno dan karena semangat Dasa Sila Bandung di Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955, memberikan inspirasi bagi para pendiri bangsa Aljazair untuk merebut kemerdekaan dari penjajah kolonial di sana.

“Terima kasih kepada Ibu Dubes Safira Machrusah, kepada WIKA dan Pertamina yang mendukung pembangunan monumen ini. Juga @ridwansyahyusuf.  ,” ujarnya.

“Ini merupakan kehormatan nama Indonesia di mata dunia,” pungkas Kang Emil. (rma)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *