INDOPOLITIKA.COM – Penyelenggaraan MTQ ke-XV tingkat Kota Tangerang Selatan resmi dibuka. Gelaran ini bukan sekedar kompetisi melainkan upaya membumikan Alquran di tengah masyarakat Tangsel. 

MTQ ke-XV ini dilangsungkan dari 25-28 Februari 2024 di Kecamatan Ciputat. Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie membuka langsung kegiatan itu.  

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Benyamin Davnie didampingi Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

Pembukaan juga berlangsung meriah, ditandai dengan penampilan defile para kontingen dari 7 kecamatan yang ada di Tangerang Selatan. Serta penampilan dari musik gambus El Corona. 

Wali Kota Benyamin dalam kesempatannya mengatakan, bahwa gelaran MTQ tidak hanya sekadar kompetisi membaca Al-Qur’an. Melainkan adalah upaya dalam membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

“Al-Qur’an sebagai sumber petunjuk dan inspirasi. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, bersama Al-Qur’an kita wujudkan kebersamaan dan persaudaraan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Benyamin. 

Tentunya kata Benyamin, pemahaman tentang Al-Qur’an dapat menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Tangsel. 

Sesuai dengan misi MTQ yakni menghargai dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di kalangan masyarakat, khususnya di generasi muda. 

“Sudah banyak contoh nyata di Tangerang Selatan, bagaimana nilai-nilai Al-Qur’an berhasil menginspirasi berbagai inisiatif sosial dan komunitas,” ucapnya. 

Mulai dari program pendidikan anak yatim piatu, hingga pengembangan ekonomi berbasis Masjid. 

“Semuanya bermula dari inspirasi dan petunjuk Al-Qur’an. Inilah bukti nyata, bagaimana Al-Qur’an dapat menjadi sumber kekuatan bagi kita untuk menciptakan perubahan inovatif bagi masyarakat,” ujarnya. 

Menurutnya, Alqur’an bisa memberi inspirasi dalam menciptakan perubahan inovatif dan memberikan kontribusi dalam pembangunan Tangsel dan bangsa Indonesia.

“Kami ucapkan selamat dan terima kasih pada dewan hakim yang baru saja dilantik. Lewat tangan bapak dan ibu, kualitas MTQ akan tetap terjaga,” imbuhnya.  

Di tempat sama, Ketua Umum LPTQ Bambang Noertjahjo mengatakan bahwa MTQ diikuti tujuh kecamatan dengan 1.428 peserta di 14 arena perlombaan.

“Kami mohon maaf seandainya ada kekurangan. Ini kita lakukan setelah kita bekerja keras menyelenggarakan pemilu dengan baik dengan suasana kondusif,” ungkapnya.

Dia berharap hasil MTQ XV akan menghasilkan qori dan qoriah yang akan menjadi peserta ke MTQ tingkat Provinsi Banten 2024.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berupaya keras dalam pelaksanaan MTQ XV. Moga jadi amal ibadah kita semua,” tandasnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com