Mulai Senin Besok, Periksa Spesimen Corona Tak Hanya di Balitbangkes

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah memutuskan pemeriksaan laboratorium terkait virus corona dapat dilaksanakan di beberapa lembaga mulai pekan depan. Sebelumnya, pemeriksaan tersebut hanya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.

Juru bicara pemerintah untuk penanggulangan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan mulai Senin besok, (16/4/2020), pemeriksaan spesimen Covid-19 bisa dilakukan di daerah.

Berita Lainnya

“Pemerintah sudah memutuskan mulai Senin besok pemeriksaan laboratorium sudah bisa dilaksanakan bukan hanya di Balitbangkes,” kata Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Pemeriksaan laboratorium terkait Covid-19 dapat dilaksanakan di Universitas Airlangga, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL), dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

“Serta beberapa tempat lagi yang saat ini sedang dilaksanakan pelatihan kerja,” kata Yurianto.

Pemerintah juga telah menambahkan lebih dari 10 ribu kit untuk mendeteksi Covid-19. Proses identifikasi ini, dia sebut sebagai bagian penting pemerintah menemukan dan melakukan isolasi kasus positif agar tidak menjadi sumber penyebaran di lingkungan masyarakat.

“Agar dengan cepat kami bisa mengidentifikasi, menemukan, dan melakukan isolasi kasus positif agar tidak menjadi sumber penyebaran di lingkungan masyarakat,” kata Yurianto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga telah mengatakan telah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, agar pemeriksaan tak hanya terpusat di Balitbangkes.

Selain itu, pemerintah sebelumnya juga memang telah mengkaji wacana agar pemeriksaan dilakukan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BPTKL). Lokasi BPTKL yang tersebar menjadi pertimbangan pemerintah. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *