Mulai Sore Ini Kepala BKPM Bahlil Lahadalia Melarang Ekspor Bijih Nikel

  • Whatsapp
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

INDOPOLITIKA.COM- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sore tadi menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pengusaha nikel dalam negeri. Mereka membahas industri smelter di Indonesia.

Hasilnya disepekati mulai besok tidak ada lagi ekspor bijih nikel alias ore. Menurut Bahlil, kesepakatan itu tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2019 yang memuat pelarangan ekspor nikel berlaku mulai 1 Januari 2020.

Baca Juga:

“Jadi mulai malam ini mereka bilang barang kami (pengusaha) nggak usah diekspor lagi. Jadi mereka semua siap menjalankan kesepakatan itu. Dan mereka sadar selama ini kita ekspor ore rugi terus, kita ingin hilirisasi,” kata Bahlil usai rakor dengan pengusaha nikel di kantornya, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Lebih lanjut Bahlil mengatakan, saat ini ore kalau diekspor hanya seharga 45 dolar AS. Tapi kalau sudah diubah menjadi barang jadi itu bisa sampai 2.000 dolar AS per ton.

Sayangnya kesepakatan antara BKPM dan pengusaha nikel itu tidak dituangkan ke dalam peraturan apapun. Murni atas kesadaran para pengusaha di bidang tersebut. Mereka, kata Bahlil, menyadari bahwa hasil bumi dalam negeri perlu diberikan nilai tambah ketimbang diekspor dalam bentuk mentah.

Kendati tak dituangkan dalam bentuk peraturan, Bahlil menjamin kesepakatan hari ini akan dipenuhi oleh para pengusaha.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *