Munas HIPMI Berubah jadi Arena Perkelahian! Gibran hingga Ganjar Buka Suara

Aksi adu jotos di Munas HIMPI/tangkapan layar

INDOPOLITIKA.COM – Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang berlangsung di salah satu hotel di Solo, kemarin, berubah jadi ajang adu jotos sesama peserta.

Video adu jotos para peserta itupun viral di media sosial hingga banyak yang menyesalkanya.

Terkait video viral itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons tidak banyak memberikan komentar. Dia menjamin pelaksanaan Munas itu akan berjalan damai hingga nanti hari terakhir.

“Saya ke sini hanya untuk sarapan saja. Nanti (soal kericuhan peserta Munas HIPMI) dengan panitia ya,” kata Gibran ditemui di Hotel Alila Solo, Selasa (22/11/2022).

“Hari ini selesai, persiapan lebih baik. Sudah dapat konfirmasi dari panitia. Jadi nanti dengan pihak panitia saja,” katanya.

Gibran memastikan Munas HIPMI yang digelar selama tiga hari itu akan berjalan lancar hingga akhir. Dia berharap kejadian tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyesalkan kericuhan kejadian adu jotos itu. Apalagi kericuhan tersebut viral dan tersebar videonya.

Hal itu disampaikan Ganjar usai meluncurkan Mal Pelayanan Publik di Klaten, Selasa (22/11/2022). Ia yang turut hadir dalam gala dinner di Pura Mangkunegaran juga telah berpesan agar diskusinya dilakukan secara musyawarah.

“Jangan ricuh. Kalau bisa adem ayem kan bagus karena beberapa hari sebelum itu ada muktamar Muhammadiyah berjalan lancar, isu di luar juga yang dulunya ramai tidak terjadi,” kata Ganjar.

Mantan anggota DPR itu mengaku terkejut dengan kabar tersebut. Menurutnya banyak orang kecewa dengan yang terjadi. Ganjar pun telah menghubungi HIPMI Jawa Tengah terkait ini.

“Saya sudah telepon HIPMI Jateng kemarin sampaikan kepada publik, konsolidasikan kawan-kawan, ajak duduk bersama, jangan pakai emosi, kalau nggak bisa ya sudah divoting saja,” tegasnya.

Sementara itu, panitia Munas mengeluarkan lima poin pernyataan terkait hal itu. Salah satunya menyebutkan, kejadian semalam disebabkan kesalahpahaman personal antarpeserta munas HIPMI yang terjadi di luar rapat pleno.

“Akibat peserta kelelahan karena padatnya agenda munas sejak pagi hingga tengah malam,” kata Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas XVII HIPMI M Ali Affandi dalam keterangan tertulis.

Poin kedua, tahapan munas masih tetap berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan. Poin ketiga, pada dasarnya panitia munas sudah membrief kepada peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik.

“Keempat, HIPMI selalu mengutamakan kekeluargaan, kalaupun terjadi suasana menghangat sedikit tapi tidak panas. Dan Kelima, kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta Munas HIPMI atas kejadian yang terjadi semalam. Dan kami akan menempuh penyelesaian secara kekeluargaan karena memang kami adalah keluarga,” tandasnya. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *