Mundur dari Jubir KPK, Firli Sebut Siapa Saja Bisa jadi Pengganti Febri

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kursi Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi kosong per hari ini, setelah siang tadi Febri Diansyah resmi melepaskan jabatan rangkapnya per 26 Desember 2019.┬áTerkait mencari Cajubir yang baru, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, tidak ada kriteria khusus untuk jadi jubir KPK.

“Juru Bicara kosong, nanti kami isi. Kriterianya dipertimbangkan dengan pembangunan sumber daya manusia saja, sesuai kebutuhan. Semua orang boleh (jadi Juru Bicara KPK), tidak ada batasan,” ucap dia di Mabes Polri usai hadiri upacara kenaikan pangkat dalam golongan, Kamis (26/12/2019).

Bacaan Lainnya

Saat ditanya mengenai apakah anggota Polri bisa menjadi Juru Bicara KPK, Firli jawab: ‘Semua boleh, termasuk Anda (menunjuk ke wartawan),” sambung dia.

Perlu diketahui, Febri Diansyah dilantik pada 6 Desember 2016 sebagai Ka Biro sekaligus Jubir sesuai dengan Perkom 01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK.

Pada pasal 47 (2) disebutkan: Kepala Biro Hubungan Masyarakat adalah Juru Bicara KPK, yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan penugasan dan petunjuk dari Pimpinan. Namun pada peraturan perubahan di Perkom 03/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK, peranan Humas dan Jubir dipisahkan.

“Saya sudah jalankan ini (tugas jubir) sejak Desember 2016. Jadi sekitar tiga tahun dan saya kira dengan pernyataan kolektif pimpinan. Dan saya sudah ketemu, maka perjalanan saya sebagai jubir sudah di penghujung jalan, dan tugas sata sebagai jubir selesai,” ungkap Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Febri mengungkapkan, kini ia akan fokus dalam tugasnya sebagai Kabiro Humas KPK. Ia juga memohon maaf jika selama ini terjadi kesalahan selama menjadi jubir KPK.

“Saya sudah sampai dan upayakan sebaik-baiknya. Banyak gading yang tidak retak. Banyak kekurangan yang saya mohon maaf teman-teman semua, kalau 3 tahun ada yang tidak sesuai dengan keinginan. Karena semua bisa difasilitasi, apalagi karakter penegak hukum KPK,” tuturnya.

Febri menyatakan tugas ia rampung. “Per hari ini tugas saya sebagai Jubir KPK sudah selesai. Jadi ke depan posisi jubir, orang yang dipilih melalui proses seleksi nanti akan dibicarakan oleh pimpinan,” ujar dia.

Ia berpesan kepada juru bicara KPK selanjutnya untuk bisa menjadi saluran komunikasi publik yang lebih baik lagi. Serta, bisa menjadi sarana pertanggungjawaban kepada masyarakat.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *