Daerah

Mustofa Widjaja Ingin Memajukan Kepri Melalui Pariwisata

Batam – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan, Provinsi Kepri berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina. Selain itu, Provinsi Kepri juga memiliki kekayaan pariwisata yang sangat potensial. Banyaknya akses pariwisata di Kepri menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Melalui pendapatan retribusi dari sektor pariwisata diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah dan memajukan Kepri,” demikian di sampaikan Mustofa Widjaja kepada wartawan di kawasan Batam Center, Rabu (11/7).

Pembina Forum Kepri Bersatu (FKB) ini menjelaskan, destinasi yang indah di Kepri seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, Natuna, dan wilayah lainnya belum sepenuhnya bisa ekplorasi karena terkendala aksesibilitas.

“Pengelolaan dan pengembangan wisata dengan konsep ekowisata bahari harus melibatkan masyaralat setempat, tidak hanya tugas pemerintah saja,” jelas Mustofa.

Pria yang bakal maju sebagai Calon DPD RI di Pemilu 2019 ini juga menuturkan, potensi daerah tidak akan berarti apa-apa jika tidak diimbangi dengan kepemimpinan yang kreatif dan inovatif.

“Pemimpin harus mampu mendayagunakan potensi daerah yang dimiliki bagi kepentingan masyarakat secara luas, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” tegasnya.

Lebih lanjut, anggota Dewan Pakar ICMI Pusat ini menjelaskan, dalam memajukan destinasi wisata yang harus dilakukan adalah berprtisipasi dan menanamkan rasa kepedulian.

“Kita selaku warga Kepri atau tuan rumah daerah wisata mesti harus berpartisipasi dan peduli, yakni menciptakan budaya ramah, sopan santun agar para wisatawan betah dan nyaman dalam berwisata juga terlibat dalam memajukan wisata seperti Ikut mempromosikan objek wisata yang dimiliki,” jelasnya.

Pariwisata, sambung Mustofa, sebagai salah magnet yang dapat menstimulasi munculnya ide-ide baru dan kreatifitas masyarakat setempat. Sehingga nantinya akan tumbuh UMKM sektor pariwisata, industri-industri kreatif, pemandu wisata, dan yang lain sebagainya.

“Ini yang saya maksud bisa membantu perekomonian warga, juga memberikan ruang kreatifitas warga setempat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close