Daerah

Mustofa Widjaja Ingin Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Kepri

BATAM – Minat baca masyarakat Indonesia, terutama di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat ini dinilai masih kurang, hal ini bisa berdampak terhadap angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada aspek pendidikan dengan angka buta huruf di daerah.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Pusat Mustofa Widjaja menyampaikan, dirinya berkomitmen akan mendorong beberapa program yang berkaitan dengan pengentasan angka buta huruf, salah satunya dengan penyediaan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kepri.

“Minat membaca masyarakat ini memang harus ditingkatkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, ini bisa disebut pendidikan sepanjang hayat,” kata Mustofa Widjaja, saat ditemui media di Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Sabtu (1/9).

Calon Anggota DPD RI Dapil Kepri ini menjelaskan, menumbuhkan minat membaca masyarakat juga merupakan upaya untuk memberantas angkat buta huruf. Ia pun menegaskan, program penyediaan TBM harus jadi program prioriras pemerintah daerah sampai kelurahan atau desa.

“Dengan adanya TBM bisa menjadi solusi dan alternatif untuk dapat mengentaskan buta huruf dan meningkatkan minat baca masyarakat Kepri. Pemerintah daerah harus merumuskan program tersebut sampai keluhahan dan desa,” tegas Mustofa.

Selain itu, Ia juga menambahkan, jika kelak dirinya terpilih sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024 akan mendorong dan memperjuangkan tersedianya TBM di Kepri melalui program yang sudah dicanangkan pemerintah pusat.

“Dalam rangka meningkatkan SDM masyarakat Kepri, hal inilah yang nantinya akan saya perjuangkan di Pusat dan terus mendorong kepada pemerintah daerah untuk melakukan akselerasi program tersebut,” tambah Mustofa. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close