Daerah

Mustofa Widjaja: Kepri Harus Menjadi Provinsi Maritim yang Nyata

Batam – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki keunggulan bidang ekonomi maritim. Oleh sebab itu, sektor maritim harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Kepri maupun Pemerintah Pusat. Dengan harapan Kepri menjadi daerah terdepan di sektor maritim dalam kerangka Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Demikian disampaiakan Ketua Dewan Pembina Forum Kepri Bersatu (FKB) Mustofa Widjaja, di sela-sela melakukan kunjungan ke daerah kawasan nelayan di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Senin (6/8/2018).

Bersama rombongan, pria yang maju sebagai calon anggota DPD RI periode 2019-2024 Dapil Kepri ini menjelaskan, secara geografis Provinsi Kepri diapit oleh dua kekuatan ekonomi ASEAN yakni Singapura dan Malaysia terutama Batam yang merupakan kekuatan utama ekonomi Kepri.

“Kami mendorong pemerintah daerah harus lebih serius dan fokus pada pengembangan maritim di Kepri, serta merumuskan regulasi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melakui sektor maritim,” jelas mantan Kepala BP Batam ini.

Untuk mewujudkan itu semua, mantan Kepala BP Batam ini menegaskan, diperlukan keterlibatan semua pihak yakni pemerintah, pihak swasta, akademisi, mahasiswa dan tentu saja para nelayan.

“Sektor maritim tidak dapat dikembangkan hanya dengan retorika pemerintah saja, melainkan melalui aksi yang terencana dari semua pihak,” tegasnya.

Dengan begitu, lanjut Mustofa, kawasan industri maritim di Kepri nantinya akan bisa menyerap tenaga kerja yang banyak. Selain itu, Ia berpendapat bahwa perencanaan dan pelaksanaan sektor maritim juga harus seimbang dengan pembangunan infrastruktur.

“Kepri harus menjadi provinsi maritim yang nyata. Kita akan buat konsepsi dan jalankan paradigma baru dalam memajukan Kepri yaitu pengembangan budaya maritim, untuk kepentingan perekonomian dan kesejahteraan warga,” pungkasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close