Daerah

Mustofa Widjaja Minta Pemerintah Daerah Serius Kelola Ruang Publik yang Humanis dan Edukatif

Batam – Tata kelola kota dan tata ruang publik sering kali masih menjadi masalah di banyak daerah. Karena itu, pemerintah diminta untuk serius mengelola ruang publik agar bermanfaat bagi rakyat. Itu karena sesungguhnya jika tata kelola ruang publik dijalankan dengan benar maka tata ruang akan indah, ramah, edukatif, sportif dan seterusnya.

Persoalan pengelolaan tata ruang ini mendapat perhatian serius dari calon anggota DPD RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri) Mustofa Widjaja. Dalam paparannya pada diskusi terbatas tentang tata ruang, Mustofa Widjaja menyampaikan bahwa aspek perencanaan dan konsistensi menjalankan perencanaan menjadi hal penting untuk mewujudkan ruang publik yang humanis dan edukatif.

“Setiap daerah pasti memiliki rencana umum tata ruang. Sudah jelas misalnya dimana sarana olahraga dibangun, tempat bisnis dikembangkan, tempat wisata dibentuk dan seterusnya. Hanya saja pada beberapa kasus sering rencana itu dilanggar dan disiasati, jadilah berantakan,” ujarnya di kawasan Batam Center, Kamis (6/8).

Mustofa Widjaja menjelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tata ruang kota yang humanis seperti ramah anak, lansia dan ramah difabel. Di Kepri menurutnya tidak sulit membangun Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), Taman Edukasi, Taman Seni Budaya, Taman Olahraga Difabel dan lain-lain.

“Sepanjang diprogramkan dan dipandang prioritas, seharusnya hal demikian bisa terwujud,” ungkapnya.

Lebih lanjut, anggota dewan pakar ICMI pusat ini menambahkan, pembangunan daerah tidak melulu harus berupa infrastruktur atau bangunan fisik yang megah, tapi penting juga membangun sarana yang memanusiakan manusia. Ia mencontohkan, bagaimana membangun jalan disertai membangun trotoar yang indah, ramah difabel dan bertaman hijau.

“Bagaimana misalnya membangun halte yang nyaman dan sejuk sehingga sambil menunggu angkutan umum, orang bisa membaca. Saya kira ini bisa dilakukan di Kepri, asal kita mau dan konsisten,” pungkasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close