Nasional

Mustofa Widjaja: Televisi Harus Jadi Media Pemersatu Bangsa

Batam – Hari Pertelevisian Nasional (HPN) berhubungan erat dengan lahirnya Televisi Republik Indonesia (TVRI). Seperti kita ketahui  TVRI merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia, yang mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962.

Menyambut peringatan tersebut, calon anggota DPD RI periode 2019-2024 Dapil Kepulauan Riau (Kepri) Mustofa Widjaja menyampaikan, televisi harus menjadi media pemersatu bangsa, bukan pemecah belah persatuan. Ia menilai, kehadiran televisi selain sebagai hiburan rakyat juga sebagai media informasi publik, mengingat saat ini semakin banyak chanel televisi yang dapat di akses publik.

“Sebagai hiburan rakyat, televisi harus mendahulukan tayangan yang positif dan mengutamakan persatuan rakyat, bukan ujaran kebencian atau hoaks,” ujar Mustofa saat diminta pendapatnya tentang peringatan HPN, di kawasan Tiban Indah, Sekupang, Kota Batam, Jum’at (24/8).

Anggota dewan pakar ICMI Pusat ini juga mengapresiasi secara positif terhadap peran televisi yang dengan cepat memberikan informasi kepada publik atas situasi dan kondisi bangsa.

“Kita semua sudah mudah mendapatkan informasi terkait kondisi bangsa dari Sabang sampai Merauke, televisi yang dengan cepat memberitakan peristiwa-peristiwa di negeri ini,” papar Musatofa.

Selain itu, mantan Kepala BP Batam ini juga menghimbau kepada seluruh orang tua di rumah untuk mengawasi anak-anaknya terhadap tayangan televisi.

“Jangan mempertontonkan tayangan yang tidak mendidik kepada anak-anak, itu bisa merusak kepribadian anak,” tegas Mustofa.

Tayangan yang tidak mendidik, sambung Mustofa, harus mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dirinya melihat, saat ini banyak tayangan-tayangan yang kurang mendidik. Misalnya, tayangan berbau kekerasan dan cara berpakaian yang tak sesuai dengan norma.

“Ini harus ada tindakan cepat dari pihak KPI, agar tidak merusak generasi bangsa melalui tayangan televisi,” tandasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close