Nadiem Beberkan Data Mencemaskan soal PTM di Sekolah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, menyampaikan kekhawatirannya mengenai data sekolah yang menggelar pertemuan tatap muka (PTM) terbatas.

Menurutnya, saat ini baru 40% sekolah terapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Untuk itu, ia mengaku sangat khawatir dengan situasi ini ketimbang tren kasus saat sekolah menerapkan PTM terbatas.

Berita Lainnya

“Saya khawatir bahwa hanya 40 persen sekolah kita yang bisa melakukan PTM saat ini. Jadi ada 60 persen sekolah kita yang sebenarnya sudah boleh melakukan PTM,” kata Nadiem.

Nadiem menyebut, berdasarkan data dari Bank Dunia dan sejumlah lembaga riset menunjukan bahwa terjadi learning loss (kehilangan belajar) yang ditimbulkan apabila sekolah terus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Learning loss adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu.

Nadiem melanjutkan, kondisi learning loss ini sangat memungkinkan dialami oleh siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar (PAUD dan SD). Pasalnya, kedua kelompok ini sangat membutuhkan PTM.

“Jadi ini merupakan suatu hal yang lebih mencemaskan lagi buat kami adalah seberapa lama anak-anak ini sudah melaksanakan PJJ (pembelajaran jarak jauh) yang jauh di bawah efektivitas sekolah tatap muka,” ucapnya. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *