Internasional

Naik Drastis, Korban Badai Maria Naik dari 64 Jadi 2.975

Seorang pria berjalan di tengah kehancuran yang diakibatkan Badai Maria di Puerto Rico, 21 September 2017. (Foto: AFP/File / HECTOR RETAMAL)

San Juan: Jumlah korban tewas akibat Badai Maria di Puerto Rico melonjak drastis dari 64 orang menjadi hampir 3.000 dalam sebuah laporan resmi pemerintah.

Angka itu naik menjadi 2.975 orang, usai sebuah penelitian yang didanai pemerintah menemukan fakta bahwa estimasi angka kematian akibat Badai Maria meleset jauh.

Gubernur Ricardo Rossello berencana membentuk sebuah komisi untuk mengimplementasikan rekomendasi dalam penelitian tersebut. Tujuannya, agar estimasi angka kematian dalam bencana di masa mendatang tidak meleset terlalu jauh.

Penelitian angka kematian dilakukan di Milken Institute School of Public Health di George Washington University.

Sebelumnya pemerintah Puerto Rico mengestimasi angka kematian akibat Badai Maria dapat mencapai 1.400.

"Kami berharap pemerintah akan menerima angka ini sebagai jumlah resmi korban tewas," ucap Dekan Milken Institute School, Lynn Goldman. 

"Pelajaran dari semua ini adalah, upaya bantuan dan pemulihan perlu lebih difokuskan ke daerah-daerah miskin, terhadap orang lanjut usia dan rentan," lanjut dia, seperti disitat dari Sky News, Rabu 29 Agustus 2018.

Baca: Badai Maria 2017 Timbulkan Kerugian Rp1,2 Kuadriliun

Menurut para peneliti di Milken, rendahnya angka korban dalam laporan awal mengindikasikan kurangnya kompetensi dokter dan pekerja medis di Puerto Rico dalam mengklasifikasikan hal-hal terkait kematian akibat badai.

Warga Puerto Rico, Bethzaida Rosado, mengaku yakin pemerintahnya memang tidak siap menghadapi badai Maria. Ia mengaku masih marah atas kematian ibunya yang berusia 76 tahun.

Ibu Rosado meninggal dunia karena tangki oksigen tidak tersedia di Puerto Rico usai badai.

Badai Maria menghancurkan Puerto Rico pada September 2017, yang menghancurkan seluruh jaringan listrik di negata tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close