Naik Kelas Usai Ujian Kudeta: AHY Makin Populer, Demokrat Salip Gerindra versi Survei LP3ES

  • Whatsapp
Ketua Umum Partai Demokrat, AHY

INDOPOLITIKA.COM – Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) merilis hasil survei tentang “Pendapat Masyarakat terhadap Pelembagaan Partai Politik dan Isu-Isu Aktual Menuju 2024”, Rabu, 5 Mei 2021.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat melesat naik, hingga menyalip Partai Gerindra. “Jika Pemilu dilaksanakan saat ini, partai politik paling banyak dipilih responden adalah PDIP (24 persen), Partai Demokrat (11,3 persen), Gerindra (9 persen), Golkar (7,4 persen), dan PKS (6 persen),” ujar Peneliti LP3ES, Erwan Halil lewat keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021) malam.

Berita Lainnya

Menurut Erwan, loyalitas terhadap partai menjadi alasan utama memilih, disusul pilihan yang didasarkan pada visi-misi/program partai, pertimbangan partai memihak rakyat kecil, faktor Caleg yang diusung, pengaruh tokoh agama, dan faktor figur Ketua umum partai politik.

Naiknya elektabilitas Partai Demokrat, ujar Erwan, salah satunya dikerek oleh kepopuleran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akibat pemberitaan tentang konflik partai berlambang mercy tersebut.

AHY masuk dalam lima besar ketua umum partai politik paling populer. “Figur Ketua Umum Partai Politik yang paling populer (5 terbesar) adalah Prabowo Subianto (27,6 persen), Megawati Soekarno Putri (23,3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (21,5 persen), Muhaimin Iskandar (6,8 persen) dan Airlangga Hartarto (6,1 persen),” ujar Erwan.

Selain dari sisi popularitas, AHY juga memuncaki hasil survei dari sisi elektabilitas. Elektabilitas tertinggi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 16,4 persen, disusul Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 12,8 persen, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9,6 persen. Selanjutnya AHY dengan 8,8 persen.

Di bawah AHY adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,5 persen serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dengan 6,2 persen.

Merespon hasil survey ini, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengungkapkan syukur dan suka cita. Bagi pihaknya, kenaikan elektabilitas ini sebagai hasil dari ujian kenaikan kelas Partai Demokrat yang diterpa prahara pada medio Januari sampai awal April lalu.

“Dimana salah satunya adanya Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK PD) yang dipimpin KSP Moeldoko yang bisa diatasi secara cemerlang dengan hasil yang gemilang,” kata Kamhar dalam rilisnya, Kamis (6/5/2021).

“Keberhasilan Partai Demokrat melewati terpaan badai ini menunjukkan kualitas kepemimpinan Mas Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Nahkoda yang handal,” tegasnya. [ind]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *