Ngemis Sambil Maksa, WN Paskistan Diciduk Imigrasi Depok

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan munculnya video Warga Negara Asing (WNA) yang mengemis sambil maksa di rumah warga. Usut punya usut, ternyata WNA tersebut berasal dari Pakistan.

Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok, Gerry Baringin Situmeang mengaku, WNA asal Pakistan tersebut telah diamankan setelah kedapatan mengemis di salah satu mesjid di Kampung Serab Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya.

Bacaan Lainnya

Menurut Gerry, WNA yang mengemis tidak hanya satu orang, melainkan ada beberapa orang dengan cara berpindah-pindah. Ia menegaskan, bakal terus melakukan pengawasan terhadap WNA, dan baru satu yang tertangkap. “Lokasi mereka berpindah-pindah, masih terus kami awasi. Yang terbukti mengemis tentu bakal dideportasi,” terang Gerry.

Humas Imigrasi Kota Depok, Rima Wulandari mengatakan, timnya akan terus mengawasi para imigran yang ada di Kota Depok, dan saat ini masih dalam pendataan. “Depok ini jadi salah satu kota tujuan pencari suaka, dan pengungsi dari negara lain. Saat ini ada 190 WNA pencari suaka dan pengungsi tersebar di Depok,” terang Rima.

Rima menyebutkan, pendataan yang sudah berjalan yaitu di kawasan Bojongsari dan Cilodong. Setiap imigran wajib melakukan pendataan, selanjutnya dilaporkan ke direktorat Imigrasi.

“Mereka wajib lapor, setiap kantor Imigrasi wajib melakukan pendataan dan pengawasan,” kata Rima.

Sementara besar alasan mereka mencari suaka, dan ditetapkan status sebagai pengungsi lantaran kondisi negaranya yang sedang perang. “Negara mereka perang, sehingga mencari suaka. Ada yang sudah berstatus pengungsi,” kata Rima.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *