Nico Akui Uang Rp250 Juta Untuk Acara Partai Sumbangan Dari Terpidana Sunjaya

  • Whatsapp
Politisi PDIP Nico Siahaan Dipanggil KPK

INDOPOLITIKA.COM- Anggota DPR Nico Siahaan mengaku uang yang diterimanya sebesar Rp250 juta untuk acara Sumpah Pemuda yang diadakan PDIP pada 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. lalu adalah sumbangan dari Sunjaya. Sunjaya Purwadisastra adalah Mantan Bupati yang sudah menjadi terpidana kasus jual beli jabatan di Pemkab Cirebon.

“Betul (soal uang Rp250 juta) dan saya sudah jawab, sama seperti kemarin. (Uangnya)  sudah, sudah dikembalikan,” kata Nico.

Baca Juga:

Nico menjelaskan, sebagai kader PDIP Sunjaya memberikan uang sumbangan untuk suksesi acara Sumpah Pemuda 2018 lalu, dinilainya wajar. Sebab kata dia, hal itu sudah terbiasa di organisasi manapun, kader  menyumbang   ke Partai.

“Sehingga saya rasa ini merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan. Ya ga mungkin kita halangi kan kalau mau ada yang gotong royong, kira-kira gitu,” ujarnya.

Meski dinilainya wajar, namun Nico tidak tahu menahu soal dari mana asal uang sumbangan dari Sunjaya yang diterimanya.

“Yang ditanyakan apakah anda mengetahui (uang Rp250 juta), ya saya bilang saya enggak tahu uangnya dari mana, kan begitu. itu adalah sumbangan dia, kita enggak tanya satu-satu,” jelasnya.

Sebelumnya, KPK memanggil politisi PDIP Nico Siahaan untuk dimintakan keterangannya sebagai saksi untuk mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Sunjaya oleh KPK ditetapkan sebagai tersangka kembali untuk kasus pencucian uang.

Adapun penetapan ini merupakan pengembangan perkara suap terkait perizinan pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Atas kasus ini, oleh pengadilan PN Bandung, Sunjaya dinyatakan terbukti menerima suap terkait dengan jual beli jabatan di Pemkab Cirebon. Sunjaya sudah divonis bersalah dengan pidana penjara 5 tahun dan denda uang sebesar Rp200 juta dan subsider 6 bulan kurungan.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *