Jokowi Berharap Dengan Adanya Palapa Ring Masyarakat Plosok Indonesia Melek Internet

  • Whatsapp
Jokowi Resmikan Palapa RIng

INDOPOLITIKA.COM- Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jaringan Palapa Ring  di Istana Presiden, Jakarta, Senin. (14/10) pagi. Palapa Ring merupakan mega proyek yang dikerjakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika berbentuk jaringan serat optik nasional. Jaringan yang berbentuk cincin nantinya bakal direncanakan bisa menghubungkan internet di seluruh wilayah Indonesia.

Jokowi berharap pengoperasian Palapa Ring bisa memudahkan masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktifitas. Contohnya memajukan perdagangan nasional maupun internasional, Memperbaiki kualitas pendidikan di seluruh plosok negeri, memudahkan birokrasi pemerintah, memudahkan komunikasi masyarakat.

Muat Lebih

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian palapa ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan  saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju. Teknologi dunia sudah berubah dari era analog menjadi era digital. Perubahan teknologi sudah menerobos batasan jarak dan waktu.

Oleh karena itulah bangsa Indonesia dari Sabang Sampai Marauke dari Papua hingga pulau Rote masyarakatnya harus melek teknologi dan bisa memanfaatkan akses internet dengan baik.

“Bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan konektivitas ini dengan baik. Gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Internet dengan kecepatan tinggi adalah keniscayaan yang harus dihadirkan di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk mendukung itu semua, Menkominfo Rudiantara mengatakan operator daerah harus membangun infrastruktur guna memudahkan masyarakat untuk mengakses internet.

Sebelumnya, Palapa Ring mega proyek jaringan serat optik internet cepat sudah selesai dibangun. Jaringan ini mencakup seluruh Indonesia dari ujung Barat sampai ujung Timur. Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan paket  proses pembangunan Ring Timur sudah diselesaikan pada Agustus 2019. Rudy mengakui pembangunan di Timur pengerjaannya lebih lama dibandingkan bagian Barat dan Tengah. Hal ini dikarenakan kedala infrastruktur di wilayah itu yang menjadi hambatan besar.

Rudiantara berharap nantinya Palapa Ring ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia Barat sampai ke Indonesia Timur. Mulai dari Sabang, Penajam Paser Utara, Rote Ndao, Sorong hingga Marauke. Sehingga perkembangan ekosistem startup dan export bisa berkembang di Wilayah Indonesia timur karena sudah adanya internet. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *