Ombudsman Minta Anies Lakukan Peninjauan Ulang Pengangkatan Dirut Baru TransJakarta

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Ditunjuknya terpidana penipuan Donny Andy  Saragih menjadi Dirut Baru Transjakarta menuai polemik. Ombudsman meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan peninjauan ulang posisi Donny tersebut.

Anggota Ombudsman DKI Jakarta, Teguh P Nugroho menduga, ada kesalahan maladministrasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, dalam hal ini Dewan Pengawas BUMD.

Berita Lainnya

Menurutnya, pengangkatan itu tidak sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2018 mengatur tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan.

“Dugaannya Pemprov DKI lalai tidak melakukan tracking terhadap calon pejabat BUMD,” tambah Teguh lagi.

Pasalnya, berdasarkan dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh Ombudman, Ombudman mendapatkan data yang kurang baik terkait dengan sepakterjang Donny. Ombudman menelusuri hal ini berdasarkan dari adanya laporan dari masyarakat.

“Ada laporan ke kami, dari masyarakat apakah boleh seorang terpidana menjabat BUMD di lingkungan pemprov. Dari data itu, kami lakukan tracking, kami dapatkan info dan data terkait yang bersangkutan, sebetulnya terpidana penipuan,” jelas Teguh

Meskipun demikian, Teguh belum mau menjelaskan detail, perkara apa yang tengah dijalani Donny tersebut. Termasuk, kenapa status terpidana tapi masih bebas berkeliaran di luar tahanan. Hal itu masih didalami Ombudsman.

“Sesuai dengan Pergub, pengangkatan pejabat BUMD di lingkungan ada kewajiban bahwa calon pejabat BUMD tidak dalam proses pemidanaan dalam waktu sekurangnya lima tahun. Nah Donny ini sedang dalam masa tahanan,” tegas Teguh.[pit]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *