Internasional

Oposisi Klaim Kemenangan dalam Pemilu Zimbabwe

Capres oposisi Zimbabwe, Nelson Chamisa (tengah), menggunakan hak pilih di sebuah TPS di Harare, 30 Juli 2018. (Foto: AFP/ZINYANGE AUNTONY)

Harare: Calon presiden dari kubu oposisi Zimbabwe, Nelson Chamisa, merasa “menang secara meyakinkan” saat perolehan suara dalam pemilihan umum sedang dihitung.

Negara di Afrika selatan itu menggelar pemilu kali pertama usai mantan presiden kawakan Robert Mugabe digulingkan dari jabatan.

Chamisa, yang sudah menyebar tudingan kecurangan atas pemilih selama kampanye, mengklaim partainya MDC meraup kemenangan berdasarkan penghitungan di 10.000 tempat pemungutan suara.

“Menang dengan gemilang… Kami telah melakukannya dengan sangat baik,” katanya di Twitter, seperti disitat dari kantor berita AFP, Selasa 31 Juli 2018.

“Kami siap untuk membentuk (pemerintah) berikutnya,” lanjut dia.

Penghitungan suara terus dilakukan sepanjang malam tadi. Tingkat keikutsertaan warga dalam pemilu Zimbabwe tanpa Mugabe ini tercatat cukup banyak.

Presiden Emmerson Mnangagwa, mantan orang kepercayaan Mugabe dalam partai ZANU-PF, berhadapan dengan Chamisa dari MDC (Gerakan untuk Perubahan Demokratik).

“Saya tidak malu untuk mengatakan saya memilih Chamisa. Dia masih muda dan dapat memahami keadaan kami sebagai pemuda,” kata Ndumiso Nyoni, 20, pekerja di sebuah penginapan di Lupane, Zimbabwe selatan.

Otoritas pengawas pemilu mengatakan terjadi antrean di banyak TPS, dan memperkirakan bahwa tingkat keikutsertaan berada di angka 75 persen, satu jam sebelum pemungutan suara ditutup pada Senin malam.

“Menurut pandangan kami, jumlah pemilih yang tinggi merupakan indikasi pendidikan pemilih yang sehat,” kata Ketua Komisi Pemilu Zimbabwe (ZEC), Priscilla Chigumba, dalam taklimat media di Harare.

Sejumlah pengamat dari Uni Eropa, yang sebelumnya dilarang, hadir mengawasi pemilu Zimbabwe. Mereka mengatakan partisipasi warga terlihat tinggi.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close