Optimalkan Pendapatan Daerah, Gubernur Herman Deru Resmikan Satgas PBBKB Perairan Sumsel

  • Whatsapp
Gubernur Herman Deru saat meresmikan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan/laut di wilayah Provinsi Sumsel, Kamis (11/2/2021).

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru meresmikan dan mengesahkan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan/laut di wilayah Provinsi Sumsel.

Peresmian dan pengesahan ditandai dengan pemasangan rompi dan penyerahan surat keputusan secara simbolis kepada Satgas oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Kamis (11/2/2021).

Berita Lainnya

HD mengatakan, Satgas tersebut perlu dibentuk karena begitu padatnya lalu lintas di wilayah perairan Sumsel, tujuannya untuk optimalisasi pendapatan daerah melalui pajak bahan bakar pada perairan atau sungai dan laut di Sumsel.

Dengan demikian, diharapkan Sumsel dapat menjadi Provinsi yang mampu mengoptimalkan pendapatan daerah dengan berbagai inovasi yang dibuat dan berdasarkan kewenangan yang dimiliki.

“Saya fokuskan lagi antara darat dan perairan agar lebih optimal. Saya minta juga kepada Bapenda Sumsel untuk selalu bertukar informasi di kesatgasan ini. Kemudian informasi ini harus diketahui banyak orang dan personil dilapangan juga harus dipikirkan namun tetap sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Menurut HD, pajak bahan bakar bukanlah upeti, akan tetapi harus ada timbal baliknya yaitu service diantaranya dengan infrastruktur yang baik. Ditegaskannya, optimalisasi pendapatan ini harus nampak manfaatnya bagi masyarakat seperti yang telah dicontohkan dengan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya.

“Saya akan terus membina dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan dilapangan dan saya juga pastikan akan menghasilkan manfaat bagi masyarakat,” ujar HD.

Sementara itu, Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, Hj. Neng Muhaibah, selaku ketua pelaksana peresmian dan pengesahan Satgas PBBKB mengatakan, Satgas tersebut melibatkan berbagai instansi seperti TNI dan Polri, KSOP Palembang, Lanal Palembang serta OPD Provinsi Sumsel dan kabupaten/kota yang terkait.

“Ketua Umum Satgas yaitu Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar dan ketua pelaksana di lapangan adalah Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, Direktur Polairud Polda Sumsel, Kepala KSOP Palembang, dan Danlanal Palembang. Melalui peresmian dan pengesahan Satgas PBBKB ini diharapkan dapat terus meningkatkan penerimaan pajak daerah di Provinsi Sumsel,” tutupnya.

Turut hadir Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Yohanes Sismadi Widodo, Kepala KSOP klas IIA Palembang, Irwan, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, dan FKPD Provinsi Sumsel lainnya serta para kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *