OSO: Kita Harus Bisa Mainkan Peran Check And Balance

  • Whatsapp
Oesman Sapta Odang (OSO)
DPD Usung Oesman Sapta Odang Jadi Calon Pimpinan MPR RI

INDOPOLITIKA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) mengungkapkan ke depan DPD akan memfokuskan diri untuk mengevaluasi peraturan daerah (perda) dalam rangka menekan angka pengangguran dan mengurangi ketimpangan.

OSO mengatakan, DPD merupakan lembaga yang mewakili kepentingan daerah untuk menjaga keseimbangan antara daerah satu dengan lainnya, serta daerah dengan pusat.

Muat Lebih

Oleh karenanya, anggota DPD harus memahami betul ruang lingkup otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya lainnya serta perimbangan keuangan.

“Jadi jangan ada lagi keraguan, kita semua adalah para senator yang memiliki legitimasi kuat, kita harus bisa mainkan peran check and balance dalam lembaga perwakilan, kita harus pegang teguh amanat rakyat,” ujar OSO di Jakarta, Senin (26/8/2019).

OSO menambahkan, penguatan kelembagaan DPD bukan bertujuan untuk melemahkan DPR sebagai lembaga legislatif, tetapi justru untuk menguatkan.

“Pembentukan DPD untuk mengimbangi dominasi parpol dalam lembaga perwakilan. Penguatan DPD tidak berarti melemahkan kedudukan DPR, tapi memperkuat demokrasi di tingkat lokal dan nasional,” pungkasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *