Pilkada

Padil Karsoma-Acep Maman Komitmen Akan Tingkatkan IPM Purwakarta

IPM Kabupaten Purwakarta tahun 2016 menempati peringkat ke 13 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat

Purwakarta, Indopolitika.com — Calon bupati Padil Karsoma berkomitmen akan meningkatkan Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Purwakarta. Meskipun dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, akan tetapi kenaikan IPM di Kabupaten Purwakarta tidak meningkat signifikan. Data Badan Pusat (BPS) Purwakarta menyebutkan IPM tahun 2016 sebesar 68,56 persen, sedangkan pada tahun 2015 IPM Purwakarta sebesar 67,84 persen. IPM Purwakarta pun masih di bawah IPM Provinsi Jawa Barat dan IPM Nasional.

“IPM Kabupaten Purwakarta tahun 2016 menempati peringkat ke 13 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Ini PR bagi kami ke depan untuk meningkatkan IPM Purwakarta secara signifikan,” kata Padil Karsoma saat blusukan di Kecamatan Darangdan, Selasa (13/3/2018).

Padil berujar telah menyiapkan visi misi yang terukur dan sistematis untuk meningkatkan IPM Purwakarta. Tidak hanya untuk meningkatkan IPM, melalui visi “Bersatu Majukan Purwakarta”, dirinya menegaskan akan memajukan Purwakarta di berbagai bidang pada lima tahun mendatang. Padil menyebut, beberapa permasalahan di Kabupaten Purwakarta seperti kesenjangan antar desa dan antar penduduk, kondisi infrastruktur yang timpang antar desa, konektivitas yang masih rendah, dan kualitas sumber daya manusia yang masih terlihat perbedaannya khususnya di daerah pedesaan. Karena itu, kata Padil, menjadi tugas seluruh komponen masyarakat Purwakarta untuk menghadapi tantangan tersebut secara bersama-sama.

“Semua elemen pemerintah daerah, kecamatan atau kelurahan, perlu bersinergi sehingga dampak dan manfaat pembangunan dapat dirasakan di berbagai daerah. Maka, dengan spirit keadilan dan pemerataan, kita harus bersatu memajukan Purwakarta,” papar mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta itu.

Padil menambahkan, enam misi untuk memajukan Purwakarta antara lain, pertama meningkatkan pembangunan yang adil dan berwawasan lingkungan di setiap sektor. Kedua, menciptakan Kabupaten Purwakarta lebih aman untuk berinvestasi dan mandiri dalam pembangunan. Ketiga, menciptakan tata kelola pemerintahan yang amanah dan berwibawa serta peningkatan pelayanan masyarakat. Keempat, meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat. Kelima, mendorong keimanan dan ketakwaan masyarakat sehingga terciptanya masyarakat yang religius. Keenam, meningkatkan pembangunan Kabupaten Purwakarta yang maju, beradat dan sejahtera. (red)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close