Pemerintahan

Pagelaran Seni “Joko Tarub” untuk Bangsa

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko menerima sejumlah seniman seni pertunjukan yang akan menggelar pertunjukan dari kisah Joko Tarub. Pertunjukan kesenian ini mengemban misi untuk lebih menghargai dan peduli pada budaya negeri sendiri serta kekayaan alam Indonesia. Kekayaan alam dan budaya yang harus selalu di jaga dan dilestarikan. Selain itu pagelaran seni ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat melalui pertunjukan kesenian dan membangkitkan kecintaan kembali kepada budaya bangsa dan semangat kebangsaan. Konteksnya adalah dalam rangka 11 Dasawarsa Kebangkitan Nasional NKRI dan Hari Lahir Pancasila.

Pertunjukan ini mengisahkan seorang pemuda bernama Jaka berpetualang mencari cinta. Seperti legenda Jaka Tarub, ia mencari bidadari di suatu tempat yang diyakini menjadi tempat para bidadari turun dari kayangan. Tapi para bidadari yang dijumpainya justru mengagumi negeri pusaka tempat Jaka tinggal yang kaya sumber daya manusia, alam dan budaya. Jaka merenungkan dan melihat kemegahan dan kemasyuran negeri pusaka. “Jadi semangat yang akan diusung pertunjukan ini menurut hemat saya sebaiknya adalah semangat persatuan bangsa,” ujar Moeldoko pada Indy Barens dan para artis.

pagelaran-seni-joko-tarub-untuk-bangsa-2

Pagelaran akan dilakukan di Teater Garuda-TBTI Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada hari Jumat, tanggal 1 Juni 2018 dari pukul 15.30-16.45 WIB. Pada kesempatan itu juga akan diberikan santunan untuk mereka yang membutuhkan dan dilakukan deklarasi semangat kebangsaan. Diakhiri dengan buka puasa bersama dengan makanan rakyat asli Indonesia. Para seniman berterimakasih atas apresiasi yang diberikan Kastaf kepada mereka dengan menerima dan menyambut baik pagelaran tersebut.*

Tags

Artikel Terkait

Close
Close