Pemerintahan

Pakai Busana Adat Aceh, Presiden Jokowi: Negara Ini Adat dan Tradisinya Banyak Sekali

Presiden Jokowi menggandeng cucu saat menghadiri peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). (Foto: Humas/Deni).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunakan busana adat Aceh, Linto Baro, sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan busana adat Minangkabau, Sumatra Barat, saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8) pagi.

Terkait pemilihan busana yang digunakannya itu, Presiden Jokowi yang ditanya wartawan sebelum mengikuti upacara itu mengatakan, negara ini adat dan tradisinya kan banyak sekali. Pakaian adat juga banyak, ratusan, banyak sekali, mungkin ribuan. 

Ada alasan khusus Pak mengapa mengenakan ini?

“Ini karena banyak pilihan-pilihan dan  yang dipakai ya ini,” kata Presiden Jokowi seraya menambahkan, busana yang dikenakannya tentu saja dijahit.

Saat ditanya apakah ada pembagian sepeda untuk pemakai busana adat terbaik sebagaimana tahun lalu, Presiden Jokowi hanya tertawan, “Nantilah,” ucapnya.

Mengenai harapannya terkait Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Kepala Negara mengingatkan, sebaiknya semua harus optimis, semangat dalam membangun kerukunan, membangun persatuan, dan membangun kesatuan.

“Saya kira kita harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, pada persatuan, pada kesatuan karena stabilitas politik, stabilitas keamanan itu merupakan modal yang paling fundamental dalam kita membangun negara ini,” pungkas Presiden. (DID/JAY/DNS/ES)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close