PAN: Senang Jika Satu Perjuangan dengan PKB di Pilpres 2024

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengajak PPP, PAN hingga PKS untuk membangun poros koalisi di Pilpres 2024 mendatang. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menyambut positif ajakan PKB tersebut.

“PAN senang dan bergembira jika bisa satu langkah, satu barisan, satu pemikiran, satu cita-cita, dan satu perjuangan bersama PKB dalam mengarungi Pilpres 2024,” kata Viva kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Viva mengatakan, jika PAN dan PKB bersatu, ia meyakini keduanya akan menjelma menjadi kekuatan politik signifikan. Hal tersebut mengingat PAN memiliki 44 kursi di DPR sedangkan PKB 58 kursi DPR.

“Jika ditambah dengan satu partai politik lagi, misalnya PPP, tentu telah melebih persyaratan presidential threshold 20 persen, sebagaimana diatur di pasal 222 UU Nomor 7 tahun 2017,” ujarnya.

Jubir PAN tersebut mengungkapkan, secara sosiologis, PAN dan PKB memiliki basis konstituan permanen dan tidak saling beririsan karena berbeda ceruk sosial atau kolamnya. Dengan demikian maka suara partai adalah suara riil karena tidak tersegmentasi.

“Secara ideologis, PAN dan PKB memiliki nilai perjuangan yang sama, yaitu berjuang demi amanat nasional untuk menuju pada kebangkitan bangsa, yaitu untuk kepentingan nation-state,” ungkapnya.

Viva berharap dalam waktu dekat, PAN dapat melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan PKB. Menurutnya langkah tersebut penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis secara bersama-sama untuk membangun kolektivitas perjuangan.[fed]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.