Pancasila Suara Hati, Yang Selalu Dibelokkan Suara Lidah

  • Whatsapp
Ilustrasi

INDOPOLITIKA.COM- Saung Pancasila Nusantara (SPN) menggelar dialog meja bundar dengan tema ‘Merealisasikan Pancasila Memenuhi Janji Konstitusi Negara-Bangsa’. Acara hadiri oleh para tokoh nasional dan ilmuan.

Ketua Saung Pancasila Nusantara, Rama Pamuka Alam dalam sambutannya mengatakan, berbagai narasi kebangsaan dinilai belum maksimal dalam ber-Pancasila. Dia menegaskan Pancasila harus kembali ditegaskan dalam perilaku berkehidupan masyarakat.

Baca Juga:

“Pancasila suara hati, suara kejujuran,  namun suara hati selalu dibelokkan oleh suara lidah kita,” kata Rama dalam sambutan, di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (21/9).

Dia menjelaskan, dalam setiap poin yang ada di dalam kalimat Pancasila selalu tercermin dalam berkehidupan setiap. Pancasila menampung semua kehidupan bangsa yang memiliki bebagai macam perbedaan.

“Pancasila selalu merangkul, saling mengasah,  saling asuh. Suara hati pancasila harus diasah melalui kehidupan. Kita diberi akal sehat,” tambahnya.

Dia berharap dalam diskusi nantinya dapat menegaskan masyarakat dalam kehidupan tidak ada lagi keraguan dalam berkehidupan.

“Diskusi ini harus ada solusi untuk membantu masyarakat menegaskan tidak ada lagi keraguan dalam menjalankan Pancasila dalam kehidupan,” tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Kepala BSSN Irjen Dharma Pongrekun, Filsuf sekaligus agamawan Frans Magnis Suseno.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *