Pandemi COVID-19 Akan Segera Berakhir? Pakar Penyakit AS: Terlalu Dini Mengatakanya

Pakar penyakit menular AS, Anthony Fauci/net

INDOPOLITIKA.COM – Masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa pandemi COVID-19 akan segera berakhir, demikian disampaikan pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci baru-baru ini.

“Dunia masih dalam fase pertama dari pandemi, fase yang benar-benar pandemi. Ketika seluruh dunia benar-benar terkena dampak yang sangat negatif,” ungkap Fauci, yang melontarkan pernyataan tersebut dalam sebuah panel jarak jauh di Forum Ekonomi Dunia (WEF) mengutip dari the New York Times, Kamis (20/1/2022).

Menurut laporan berita yang diterbitkan pada Senin lalu itu, Fauci mengakui dalam panel tersebut bahwa volume infeksi terkait Omikron “dapat memiliki sebuah efek yang penting pada kekebalan kolektif.”

Namun, “hal itu masih menjadi pertanyaan terbuka, apakah Omikron akan menjadi vaksinasi virus langsung yang diharapkan semua orang, karena Anda memiliki begitu banyak variabilitas dengan varian baru yang bermunculan,” sebut Fauci.

Data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan bahwa Amerika Serikat mencatat 874.087 kasus baru dan 2.596 kematian lainnya pada Jumat (14/1), sehingga jumlah total dan jumlah kematian secara nasional masing-masing menjadi lebih dari 65 juta kasus dan 847.577 kematian.

“Sementara lonjakan kasus tampaknya telah mulai menurun di New York dan bagian lain dari Timur Laut, tetapi masih sangat tinggi di seluruh Amerika Serikat, dengan rata-rata hampir 802.000 kasus per hari, meningkat 98 persen selama dua pekan terakhir,” menurut laporan itu. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.