Panglima TNI Lepas Satgas Karhutla Ke Australia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke Australia, pada hari Sabtu 1 Februari 2020 di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya Hadi mengatakan pasukan akan mengemban tugas rural fire service dan ditempatkan di Distrik Eden. Kata dia operasi ini adalah membantu rural fire servis ada lapis kedua.

Bacaan Lainnya

“Tugas-tugas di sana pun sudah kita assesment adalah normalisasi jalan, termasuk juga membereskan kayu-kayu atau puing-puing yang berserakan yang menutup akses-akses yang ada di wilayah tersebut sehingga yang kita kirim adalah tenaga dari zeni konstruksi angkatan darat, juga dari zeni konstruksi marinir, dan zeni atau fasilitas dan konstruksi angkatan udara,” ucap dia.

lebih lanjut, Hadi menegaskan para prajurit untuk menjaga nama baik instansi dan negara. Dia menekankan jika tugas ini adalah tugas mulia.

“Saudara-saudara adalah duta-duta bangsa dan kemanusiaan. Tugas ini mulia yang penuh nilai kemanusiaan,” ujar Hadi.

Satgas Garuda RI terdiri dari 41 personel. Selain TNI, satu orang berasal dari Kementerian Luar Negeri dan dua orang dari BNPB juga ikut diterjunkan. Sehingga total yang dikirimkan berjumlah 44 orang.

“Lama kegiatan penugasan saat ini yang kita siapkan adalah satu bulan namun bisa diperpanjang apabila dirasa masih diperlukan untuk membantu pemadaman,” katanya.

Dalam apel tersebut juga diperlihatkan perlengkapan yang akan dipakai oleh personel satgas dalam penanganan karhutla di Australia. Beberapa perlengkapan  keamanan perorangan yang digunakan diantaranya helm, sepatu, seragam, sarung tangan, gergaji. Beberapa obat-obatan juga disediakan.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *