Internasional

Papua Nugini Tegaskan Akui Kedaulatan RI di Bumi Cendrawasih

Dalam pertemuan ini, kedua negara sepakat mengelola perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini. (Foto:Medcom/Marcheilla)

Jakarta: Papua dan Papua Barat merupakan bagian dari Indonesia. Pengakuan kedaulatan RI ini disampaikan Menteri Luar Negeri Rimbink Pato saat berjumpa Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

"Dalam isu kedaulatan dan integritas Indonesia dan Papua Nugini, kebijakan Papua Nugini dulu, sekarang dan di masa depan bahwa Provinsi Papua dan Papua Barat tetap bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia," sebut Pato, Kamis 19 Juli 2018.

Karenanya dia mengajak Indonesia bekerja sama membangun wilayah perbatasan kedua negara untuk kemakmuran masyarakat di sana.

Dia juga menyampaikan terima kasih karena Indonesia telah memperkenalkan Papua Nugini kepada negara-negara APEC.

Sikap Papua Nugini di provinsi Papua dan Papua Barat berbeda dengan negara lainnya di wilayah Pasifik selatan. 

Terkait dengan dukungan besar Papua Nugini terhadap kedaulatan RI, Retno menyambut baik dan menghaturkan terima kasih atas pengakuan tersebut. Dia menegaskan Indonesia akan selalu menghormati integritas negara tetangganya itu.

"Hubungan kedua negara saling menghormati, termasuk saling menghormati integritas wilayah masing-masing negara," pungkas Retno Retno.

Dalam pertemuan ini, kedua negara sepakat mengelola perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini. Dia mengatakan perlu adanya mekanisme dan diskusi lebih lanjut untuk memastikan lancarnya kegiatan perekonomian warga, barang dan pembangunan di wilayah perbatasan. 

"Kita harap dapat membawa manfaat bagi mereka yang tinggal di perbatasan," tukasnya. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close