Internasional

Parade Militer Iran Diserang, Sejumlah Orang Tewas

Garda Revolusioner Iran. (Foto: AFP)

Ahvaz: Sekelompok orang menembaki parade militer Iran di kota Ahvaz, Iran, Sabtu 22 September 2018. Kantor berita IRNA melaporkan sejumlah orang — termasuk warga sipil — tewas dan 20 lainnya terluka dalam serangan.

Para pelaku melepaskan tembakan dari sebuah taman dekat parade. Mereka semua dilaporkan mengenakan seragam militer. IRNA menyebut anggota grup ekstremis diyakini berada di balik serangan.

Parade digelar dalam rangka memperingati dimulainya perang Iran melawan Irak pada era 1980-1988. Parade ini digelar di beberapa kota.

Kantor berita Fars menyebut serangan terjadi pada pukul 09.00 pagi waktu setempat. Para pelaku disebutkan berjumlah empat orang.

Fars melaporkan keempat pelaku menembaki warga sipil dan juga berusaha menyerang sejumlah perwira militer yang duduk di podium.

Dua pelaku berhasil ditembak mati petugas keamanan, dan sisanya berhasil ditangkap. Kabar disampaikan Wakil Gubernur Ali Hosein Hoseinzadeh.

Dari total korban tewas, sembilan di antaranya adalah personel militer. Satu bocah dikabarkan terluka dalam serangan.

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan. Serangan berlangsung cepat, hanya sekitar 10 menit.

Ahvaz adalah satu dari beberapa kota di Iran yang dijadikan lokasi unjuk rasa anti-pemerintah dalam mengecam menurunnya standar kehidupan masyarakat dalam setahun terakhir.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close