Partai Penguasa Kamboja Gelar Parade Jelang Pemilu

  • Whatsapp
banner 468x60
Partai penguasa di Kamboja, CPP, menggelar parade. (Foto: AFP)

Phnom Penh: Partai penguasa di Kamboja, Partai Rakyat Kamboja (CPP) menggelar parade menjelang pemilihan perdana menteri yang digelar pada Minggu 29 Juli besok.

Diperkirakan sekitar 250 ribu orang akan memenuhi jalanan utama Phnom Penh. Mereka juga menyaksikan pidato langsung dari Perdana Menteri Hun Sen. 

Disinyalir, CPP akan menang dengan mudah dalam pemilu kali ini karena tak ada saingan. Pasalnya, partai oposisi paling kuat di Kamboja pun sudah dibungkam Hun Sen,

Dalam pidatonya, Hun Sen mengatakan bahwa dirinya akan fokus menjaga perdamaian di Kamboja, dengan membandingkan saat masa Khmer Merah.

"Saya berdiri di sini untuk mengubah pembangunan Kamboja lebih baik," kata Hun Sen, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 27 Juli 2018.

"Saya tidak akan membiarkan negara ini jatuh ke dalam pertumpahan darah seperti di masa lalu," lanjut dia.

Ia juga sempat menyinggung soal pembungkaman partai oposisi CNRP. Ia menganggap, keputusan menghilangkan CNRP adalah keputusan yang benar.

"Jika kita tidak menghilangkan mereka, mungkin sekarang Kamboja akan berada di dalam situasi perang," tukasnya.

Pemilu Kamboja tahun ini diwarnai protes. Sebab, PM Hun Sen diperkirakan akan menang lagi. Padahal, ia sudah lebih dari 30 tahun memimpin Kamboja.

Keadaan politik Kamboja saat ini juga cukup memprihatinkan. Ditandai dengan partai oposisi utama dibubarkan Hun Sen pada tahun lalu dan penindasan terhadap media.

Selain itu, pemimpin partai oposisi, Kem Sokha, saat ini mendekam di penjara karena dituding berkhianat. Para pendukungnya berdalih, penahanan Kem bermotif politik. 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan