Pasca Kejadian Zat Radioaktif, Batan Selesaikan Proses Clean Up

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sudah melakukan proses clean up di area yang terkontaminasi zat radioaktif Cesium (Cs) 137 yang ditemukan di kawasan Batan Indah, Tangerang Selatan. Pada pekan depan, Batan akan melakukan proses yang dinamakan remediasi.

“Dimana, kita akan mengembalikan fungsi (Remidiasi) di tempat itu menjadi sesuai dengan awalnya. Jadi itu merupakan bagian yang sudah kita lakukan mulai dari hampir mungkin sebulan yang lalu,” ucap Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara, Jumat (13/3/2020).

Bacaan Lainnya

Selain itu, Batan juga mengambil tindakan tegas kepada tersangka SM yang juga merupakan karyawan Batan. SM kata Heru, bakal dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 53 Tahun 2010, tentang disiplin pegawai negeri sipil. Meskipun sebentar lagi akan memasuki masa pensiun pada April 2020.

“Insya Allah dalam minggu depan mungkin sudah keluar hasilnya. Sehingga, nanti ada kegiatan paralel di mana dari segi pidananya jalan, tapi dari segiĀ  disiplinnya juga berjalan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan memastikan, masyarakat bisa beraktifitas dengan normal kembali.

“Tentunya masyarakat bisa beraktifitas kembali di sana. Terkait dengan temuan ini, merupakan salah satu kerjasama yang baik antara kami selaku badan pengawas dengan pihak Kepolisian,” tuturnya.

Atas perbuatannya, SM disangkakan Pasal 42 dan Pasal 43 Undang-Undang (UU) No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran dengan ancaman penjara dua tahun denda Rp100juta. Karena ancaman hukuman di bawah lima tahun, SM tidak ditahan.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *