Internasional

Pasukan Afghanistan Selamatkan 150 Orang yang Diculik Taliban

Pasukan keamanan Afghanistan berpatroli di wilayah Achin. (Foto: AFP)

Kabul: Pasukan Afghanistan menyelamatkan sekitar 150 orang pada Senin 20 Agustus 2018, hanya beberapa jam setelah mereka semua diculik kelompok militan Taliban di distrik Khan Abad, provinsi Kunduz.

Ratusan orang itu, yang menaiki beberapa bus dari Takhar dan Badakhshan, kala itu bertolak menuju Kabul untuk merayakan Iduladha bersama keluarga masing-masing.

Seperti dikutip dari Morning Star, juru bicara pemerintahan provinsi Kunduz menyebut Taliban berhasil membawa lari 21 tawanan setelah sempat bentrok dengan aparat keamanan.

Penculikan massal terjadi hanya satu hari usai Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata hingga tiga bulan ke depan.

Sementara beberapa sumber dari Taliban menyebut grup tersebut menyepakati gencatan senjata selama empat hari, meski pemimpin tertingginya, Sheikh Haibatullah Akhundzada, belum memberikan persetujuan akhir.

Baca: Taliban Culik Puluhan Orang di Tengah Gencatan Senjata

Sebelumnya pada Sabtu, Akhundzada menegaskan bahwa tidak akan ada perdamaian di Afghanistan selama "pendudukan asing" masih berlanjut.

Ia menekankan kembali bahwa Taliban hanya mau berdialog damai dengan AS, bukan pemerintah Afghanistan. 

Namun selama ini AS menyebut perdamaian di Afghanistan sudah seharusnya terbentuk lewat perjanjian damai pemerintah dan Taliban.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close