PBB Tegaskan Papua Bagian dari Indonesia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menegaskan bahwa Papua merupakan bagian dari Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat.

Pernyataan ini seperti yang diutarakan oleh Duta Besar/Wakil Tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Jenewa, Hasan Kleib.

Baca Juga:

Keputusan dari PBB ini muncul saat gelaran debat publik negara calon anggota Dewan HAM di Jenewa belum lama ini. Dalam gelaran tersebut, Indonesia mendapat sejumlah pertanyaan terkait referendum Papua dari berbagai pihak.

Dijelaskan Hasan pula bahwa ada hasil dari Pertemuan Wakil Tetap RI di PBB dengan Sekjen PBB diantaranya:

1. Pada 10 September 2019, di New York, Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani bertemu dengan Sekjen PBB, António Guterres untuk membahas perkembangan situasi terakhir di Papua, dan status kedaulatan Papua dari sudut pandang PBB.

2. Hasil pertemuan, sebagai berikut:
a. PBB mendukung Kedaulatan dan Integritas wilayah Indonesia dan Isu Kedaulatan bukan suatu pertanyaan bagi PBB. Status Final Papua di dalam Indonesia berdasarkan uti possideti iuris, NY Agreement 1962, Act of Free Choice 1969, dan resolusi GA PBB 2504 (XXIV) 1969.
b. PBB melihat outcome dari pembangunan Pemerintah pada era Presiden Jokowi di wilayah Papua dan Papua Barat. Namun, perlu diperkuat dengan hal-hal simbolis.

Seperti diketahui Papua bergejolak pasca ada kasus rasisme yang dialami oleh para Mahasiswa Papua di Asrama Papua di Surabaya beberapa waktu lalu.

Awal mula peristiwa diduga karena masalah bendera Lambang Negara NKRI yang tiangnya patah sehingga bendera tersebut jatuh ketanah dan diduga ada kaitan dengan para mahasiswa.

Ormas yang berada disana kesal dan menyebu Asrama Papua. Sayangnya sindirian dan cacian berbau sara berbunyi dan menyulut kemarahan warga Papua di Papua Barat, Jaya Pura dan lainnya.

Kodisi ini ternyata dimanfaatkan buat para separatis untuk mencari suara di dunia internasional.[ab]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *