PBNU: Banyak Kiai Yang Protes Soal Jabatan Menteri Agama

  • Whatsapp

INDOPILITIKA.COM – Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan banyak kiai yang protes ke pihaknya karena Presiden Jokowi memilih Fachrul Razi sebagai menteri agama (Menag).

“Banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes soal Menteri Agama,” kata Robikin dalam keterangannya, Kamis (24/10/2019).

Baca Juga:

Menurut Robikin, para kiai paham kemenag harusnya berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama.

“Namun para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada,” ujarnya.

Para kiai kata Robikin, sudah lama merisaukan fenomena terjadinya pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran.

“Namun yang lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah diantara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini,” jelasnya.

Karena dampak dari radikalisme itu sangat membahayakan, kata Robikin, maka secara kelembagaan, NU sudah mengantisipasi dan mengingatkannya jauh-jauh hari.

“Bahkan NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, di samping darurat narkoba dan LGBT,” tandasnya.

Seperti diketahui, Jokowi menunjuk Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Fachrul yang pernah menjabat sebagai Wakil Panglima TNI memang bukan kader dari NU. Fachrul Razi adalah Ketua Tim Bravo 5, yaitu tim relawan purnawirawan TNI untuk Jokowi di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Ketika memperkenalkan Fachrul ke publik, Jokowi mengungkapkan sejumlah tugas yang akan dikerjakan oleh Fachrul selama menjabat sebagai Menteri Agama. Salah satunya adalah soal radikalisme.

“Ini urusan yang berkaitan dengan radikalisme, ekonomi umat, industri halal, dan terutama haji berada di bawah beliau,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kenegaraan, Jakarta.(Rif)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *