PBNU: Selamat Hari Natal 2019 bagi Umat Kristiani

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Polemik boleh tidak umat muslim menyampaikan ucapan selamat hari Natal selalu terdengar setiap tahunya. Namun, dibalik polemic yang ada, PBNU justru menyampaikan ucapan selamat Hari Natal kepada umat kristinia.

Ucapan tersebut disampaikan melalui akun media sosial twitternya, @Nahdlatul Ulama, dan dikutip indopolitika.com, Selasa (24/12/2019). Ucapan yang disampaian PBNU ini sudah diretweet sebanyak 4,4 ribu kali dan disukai lebih dari 6 ribu orang.

Bacaan Lainnya

“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat Hari Natal 2019 bagi umat Kristiani. Semoga kedamaian selalu menyertai kita semua. Amin,” tulis PBNU.

Sementara itu, Ketua Tanfidziah PBNU Robikin Emhas mengatakan ucapan natal dalam konteks persaudaraan manusia tidak menjadi persoalan jika tidak dikaitkan dengan ranah teologis.

Kita cukup dengan menghargai apa yang umat agama lain lakukan dengan membiarkannya dan tidak membuat keributan. Biarkanlah mereka lakukan apa yang mereka yakini, sedang kita fokus pada yang kita yakini. Itu intinya,” ujar Robikin dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Antara, Senin (23/12).

Ia menjelaskan, pengucapan selamat natal berbalik lagi kepada niatnya. Jika hanya berniat untuk menghormati kepada teman Nasrani, maka seharusnya tidak menjadi masalah. Bahkan menurutnya momentum Natal bisa dibuat untuk ajang mempererat dan mengikat kembali tali kebangsaan.

“Apalagi ucapan Natal itu dimaksudkan sebagai ungkapan kegembiraan atas kelahiran Nabi Isa AS sebagai rasul. Nah dengan pantuan dan batasan seperti itu, apakah momentum Natal bisa menjadi ajang untuk mempererat dan mengikat kembali tali kebangsaat kita? Saya jawab pasti,” ujarnya.

Terkait perdebatan akan mengganggu akidah tentang memperbolehkan ucapan natal, ia merasa jika memang niatannya hanya untuk menghormati seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. “Sekedar hormat kepada kawan atau berempati kepada sesama warga bangsa, itu dimensinya ‘ukhuwah wathaniyah’. Kalau dalam dimensi itu, menyampaikan ucapan Natal saya kira tidak menggangu akidah kita,” katanya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *